Tentang Blog Ini

Blog ini berisi Materi Kuliahku.
Rangkuman-rangkuman saat akan Ujian dan tugas-tugas yang dikumpul dalam bentuk print out, daripada hilang dan gak ada bekas makanya ku posting di Blog ini.

Selasa, 24 Februari 2009

Pemrograman Client/Server Dengan Java

Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) yang dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source.
Keunggulan java antara lain :
1. Sederhana
Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.
2. Berorientasi objek (Object Oriented)
Java mengunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
3. Dapat didistribusi dengan mudah
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.
4. Interpreter
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
5. Robust
Java mempuyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.
6. Aman
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
7. Architecture Neutral
Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.
8. Portabel
Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.
9. Multithreading
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.
11. Dinamis
Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa menggangu program yang menggunakan class tersebut.
Komponen penting java antara lain : By : Dita Gojack
 Java Virtual Machine (JVM)
Sebuah mesin imajiner (maya) yang bekerja dengan menyerupai aplikasi pada sebuah mesin nyata. JVM menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode Java terjadi. Spesifikasi inilah yang membuat aplikasi berbasis Java menjadi bebas dari platform manapun karena proses kompilasi diselesaikan oleh JVM.
 Garbage Collection
Program Java melakukan garbage collection yang berarti program tidak perlu menghapus sendiri objek–objek yang tidak digunakan lagi. Fasilitas ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh programmer dan mengurangi atau mengeliminasi sumber kesalahan terbesar yang terdapat pada bahasa yang memungkinkan alokasi dinamis.
 Code Security
Code Security terimplementasi pada Java melalui penggunaan Java Runtime Environment (JRE)

Saat program java dikompilasi, kompilator akan terlebih dahulu menentukan struktur program. Yaitu akan membaca kode sumber kemudian menerapkan aturan-aturan secara progresif menjadi identifier, ekspresi, kalimat dan kelas.
1. Lexical Analyze.
Melakukan analisi leksik yaitu scan untuk mencari sekuen karakter (token) , membentuk identifier, operator dan sebagainya.
2. Parser.
Melakukan proses parsing yang bertanggungjawab untuk menemukan level yang lebih tinggi pada sekuen token yang dihasilkan pada lexical analyzer.
Token adalah element terkecil program yang mempunyai arti bag kompilator
Token java dibagi menjadi 5 macam :
A. Identifier
Identifier adaah token yang merepresentasikan nama yang mewakili variabel, method, class, paket dan interface. Contoh dari Identifier adalah : Hello, main, System, out.
B. Variabel
digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek.Variabel memiliki tipe data dan nama. Tipe data menandakan tipe nilai yang dapat dibentuk oleh variabel itu sendiri. contoh  int panjang , String nama, boolean siswa;
C. Konstanta
merupakan variabel yang telah diberi nilai sekali saja dan tidak dapat diubah selamanya.Untuk menunjukkan konstanta kita menggunakan kata kunci ”final”. Contoh : final double PHI = 3.14; double r = 7;
D. Keyword
Kata kunci adalah identifier yang telah didefinisikan sebelumnya oleh java untuk tujuan tertentu. Kita tidak dapat menggunakan keyword sebagai nama variabel, class, dan method.
E. Literal
Literal adalah tanda bahwa tidak terjadi perubahan atau konstan. Secara garis besar literal terbagi menjadi angka, karakter, string

Bahasa pemrograman Java mendefinisikan delapan tipe data. Yaitu boolean (untuk bentuk logika), char (untuk bentuk tekstual), byte, short, int, long (integral), double dan float (floating point).
Konversi Saat kita melakukan pemberian nilai suatu tipe data dengan tipe data lain. Jika kedua tipe data tersebut kompatibel maka java akan melakukan konversi secara otomatis. Java akan melakukan konversi tipe data secara otomatis dengan syarat :
• Kedua tipe data (atau lebih) saling kompatibel.
• Tipe data tujuan ukurannya lebih besar dari tipe data sumber
Java, ada operator aritmatika, operator relasi, operator increment-decrement, operator logika, operator kondisi dsb. Operator ini mengikuti bermacam-macam prioritas yang pasti sehingga kompiler java akan tahu yang mana operator untuk dijalankan lebih dulu dalam kasus beberapa operator yang dipakai bersama-sama dalam satu pernyataan.
Percabangan merupakan bagian dari struktur kontrol. Struktur kontrol percabangan adalah pernyataan dari program yang mengijinkan user untuk memilih dan mengeksekusi blok kode spesifik dan mengabaikan blok kode yang lain
A. Percabangan If => akan menentukan sebuah pernyataan (blok kode) yang akan eksekusi jika persyaratan bernilai benar(true).
B. Percabangan If – Else => digunakan apabila kita ingin mengeksekusi beberapa pernyataan dengan kondisi true dan pernyataan yang lain dengan kondisi false
C. Percabangan Switch-Case
Cara lain untuk membuat percabangan adalah menggunakan switch. Switch mengkonstruksikan cabang untuk beberapa kondisi dari nilai
Perulangan juga merupakan bagian dari struktur kontrol. Dalam perulangan java mengijinkan kita untuk mengeksekusi blok kode berulang-ulang sesuai dengan jumlah tertentu yang diinginkan.
A. Perulangan For digunakan untuk melakukan pengulangan dalam mengeksekusi kode yang sama sebanyak jumlah tertentu.
B. Perulangan While digunakan untuk melakukan pengulangan dalam blok kode hingga mencapai kondisi yang cocok.
C. Perulangan Do-While akan dieksekusi beberapa kali selama kondisi bernilai benar(true). Perbedaan antara while dan do-while adalah dimana pernyataan di dalam do-while akan dieksekusi sedikitnya satu kali.
Array adalah variabel yang menyimpan beberapa data dengan tipe data yang sama. Array dapat berupa data ssederhana atau komposit. Dideklarasikan dengan kurung siku [.....].
Format penulisan array:
tipe_data nama_variabel [];
Array multidimensi dapat dikatakan sebagai array di dalam sebuah array. Array multidimensi dideklarasikan dengan menambahkan jumlah tanda kurung setelah nama array.
OOP (Object Oriented Programming). Artinya program dipusatkan pada object dan class berdasarkan gambaran (object) dunia nyata. Hal ini menyediakan manfaat akan kebebasan pengembangan, meningkatkan kualitas, mempermudah pemeliharaan, mempertinggi kemampuan dalam modifikasi dan meningkatkan penggunaan kembali software. Bebrapa istilah yang harus diketahui sebagai konsep OOP adalah :
a. Class mengizinkan kita dalam mendeklarasikan tipe data baru. Ia dijalankan sebagai blueprint,dimana model dari object yang kita buat berdasarkan pada tipe data baru ini
b. Object adalah sebuah entiti yang memiliki keadaan, behaviour dan identitas yang yang
tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik. Object juga dikenal sebagai instance. Instance dibuat sewaktu kita meng-instantiate class menggunakan kata kunci new. Object dapat berupa benda, manusia, kejadian, tempat dll. Dapat konkret maupun abstrak
c. Atribut menunjuk pada elemen data dari sebuah object. Atribut menyimpan informasi tentang object. Dikenal juga sebagai member data, variabel instance, properti atau sebuah field data. Misal attribute object siswa adalah nama, nim, nilai dll.
d. Method menjelaskan behaviour dari sebuah object. Method juga dikenal sebagai fungsi atau prosedur. Misal method getNilai, yang mungkin untuk mendapatkan informasi nilai siswa.
e. Constructor adalah sebuah tipe khusus dari method yang digunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru. Ingat bahwa constructor bukan atribut, method atau inner class dari sebuah object.
f. Package menunjuk pada pengelompokkan class dan/atau subpackages. Strukturnya dapat disamakan dengan direktorinya.
g. Enkapsulasi menunjuk pada prinsip dari menyembunyikan desain atau mengimplementasikan informasi yang tidak sesuai pada object yang ada.
h. Abstraksi mengabaikan aspek dari subyek yang tidak sesuai dengan tujuan yang ada supaya lebih banyak mengkonsentrasikan yang ada.
i. Pewarisan (Inheritance) adalah hubungan antara class dimana dalam satu class ada superclass atau class induk dari class yang lain. Pewarisan menunjuk pada properti dan behaviour yang diterima dari nenek moyang dari class.
j. Polimorfisme adalah kemampuan dari sebuah object untuk membolehkan mengambil beberapa bentuk yang berbeda.
k. Interface adalah sebuah contract dalam bentuk kumpulan method dan deklarasi konstanta. Ketika sebuah class implements sebuah interface, ini mengimplementasikan semua method yang dideklarasikan dalam interface.

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP